Selamat Datang

JUMLAH PENGUNJUNG BLOG INI

KEPEMIMPINAN


Seseorang pernah bertanya kepada penulis tentang beda  “Pemimpin” dan “Pimpinan”. Mungkin sebagian orang sudah tahu hal itu dan menganggapnya sesuatu yang tidak perlu dipersoalkan namun bila ditelaah lebih lanjut bisa menjadi menarik.
Menjadi Pemimpin dalam sebuah perusahaan atau institusi tentulah bukan perkara yang mudah, memegang tugas besar akan tanggung jawab seorang pimpinan terhadap bawahan dan tidak semua orang bisa menjadi Pimpinan, segala sesuatu yang dilakukan pimpinan selalu jadi panutan bawahan. Tidak sedikit pimpinan yang gagal dalam menjalankan tugasnya. Bahkan ada pula pimpinan yang tidak disenangi oleh bawahannya karena sering membuat kebijakan yang salah.
PEMIMPIN : Adalah Orang yang dianggap mampu menjadi pedoman hidup atau bagi orang lain, dan tentunya dia disukai oleh banyak orang. Misalnya Nabi Muhammad SAW.
PIMPINAN : Adalah Orang yang dipilih berdasarkan suatu seleksi dan tentunya dia tidak sepenuhnya disukai oleh yang lainnya. Contohnya: Kepala Sekolah, Kepala Kantor, Dinas Bla..Bla, …..Bla.

Zaman sekarang susah sekali untuk menemukan seorang pemimpin yang baik dan ideal. Setidaknya bagi para Calon pemimpin dapat memiliki Tips sebagai Berikut.
      1.       Berwibawa dan Tegas.
Bersikap wibawa merupakan cerminan akan kharakter dan pribadi seorang pimpinan yang lugas dan tegas. Jika pimpinan kita tidak berwibawa maka akan berdampak buruk bagi organisasi ataupun perusahaannya. Contohnya jika pimpinan tidak berwibawa dan tegas, maka bawahan tidak akan menghargai pimpinan dan tidak menghomati segala bentuk peraturan - peraturan dari pimpinan.
2.     Fokus.
Menjadi seorang pemimpin tentunya harus bersikap fokus akan tanggung jawab terhadap pekerjaan, berkontribusi dalam memberikan arah tujuan organisasi atau perusahaan yang baik, dan lebih mementingkan prioritas utama dibanding dengan prioritas pribadi. Hal ini sangat mempengaruhi kerja tim. Bertindak cepat dalam segala hal, baik dalam kondisi yang mendesak maupun kondisi cepat, seorang pemimpin dituntut harus bisa mengambil keputusan tepat dan cepat serta bijaksana.
3.     Visi dan Misi.
Seorang Pemimpin yang baik harus memiliki visi dan misi yang baik, karena pimpinan yang baik harus menyampaikan tujuan visi dan misinya, agar bawahannya memiliki motivasi untuk mencapai target yang sama, sehingga pimpinan bisa memberikan bimbingan untuk menggerakkan timnya menuju tujuan yang telah ditentukan dan disepakati bersama.
4.     Rendah Hati.
Ada kalanya seorang pimpinan harus mampu mendengarkan bawahannya. Agar pimpinan tidak memutuskan segala hal secara sepihak yang memungkinkan para anggota sebenarnya tidak sepaham dengan keputusan pimpinan menjadi sepaham.
5.     Memberi penghargaan
Dan yang terakhir mampu memberikan pengakuan atas kontribusi yang telah diberikan oleh anggota tim Anda. Tunjukan  bahwa Anda menghargai kerja keras mereka.
Demikian Postingan ini kami buat, mudah2an bermanfaat..!!!
Untuk referens ikuti Link Ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar